Saptamori Hady: Materi : I. Manusia danKebudayaan

Materi : I. Manusia danKebudayaan


Kebiasaan Copy Paste ( Copas )


Copy  paste merupakan hal yang tidak asing lagi. Sekarang ini  mengcopy dan paste bias dikatakan sebagai kebiasaan.  kebiasaan yang muncul oleh kalangan blogger sekarang khususnya blogger Indonesia. Sebenarnya Copy paste itu diperbolehkan,  karena mereka memberikan wawasan itu untuk kita miliki. tetapi bukan itu yang seharusnya saya utarakan. Melainkan begini.  Kita itu boleh copy paste, asal kita mencantumkan si pembuat artikel terutama dalam kalangan blogger.

Memang sih mengcopy paste itu mudah sekali mungin hamper semua kalangan pernah lebih dari satu kali melakukan copy paste. Terutama dalam pemuatan artikelm tugas yang berupa pertanyaan –pertanyan. Apalagi  kalau kita memeang tida memahami materinya , kita mudah saja tinggal browse materi yang kita perlukan untuk mendapatkan jawaban dan pada akhirnya aktifitas copy paste pun dilakukan nya. Kita tidak oerlu mengetik ulang melainkan tinggal memblok bagian yang kita inginkan dan selanjutnya di copy dan paste ke dokumen kia. Hahahahaha mudah baget banget benget kan???? Kebiasaan copy paste ini dilakukan bukan pada kalangan blogger saja tetapi anak sekolah, mahasiswa, dan orang tua saja melainkan semua kalangan. Kegiatan ini sering disebut sebut copas yakni copy paste.

Bagi kalangan mahasiswa copy paste itu merupakan sebuah kata yang tidak asing di telingaya. kegiatan ini sudah lama digeluti bahkan beberapa pihak menganggap bahwa kegiatan ini sebenarnya telah mengakar dikalangan acivitas akademis. Sebenarnya Copy paste sendiri ialah merupakan sebuah kegiatan dimana seorang mahasiswa menyalin tugas dari salah seorang temannya. Dalam massa kini banyak mahasiswa yang sering mempraktekkan hal tersebut. Copy Paste sendiri merupakan bagian dari plagiat.Copy paste ini tidak hanya berupa tulisan melainkan berupa macam-macam file sepeti file gambar dll.
 

Istilah plagiat muncul karena adanya usaha pengakuan karya orang menjadi karyanya sendiri (plagiator). Pernyataan ini sesuai dengan pengertian plagiat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. ”Plagiat ialah pengambilan karangan orang lain dan menjadikannya seolah – olah karangan sendiri. Plagiarisme adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta.” Senada dengan pengertian plagiat dan plagiarisme yang tertera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam Oxford Dictionary juga dijelaskan bahwa plagiarisme merupakan suatu kegiatan menyalin karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri. Plagiarize is copy another person’s work, ideas, words, etc and pretend that they are your own.

Ada beberapa Hal yang harus kita lakukan sebelum Copy Paste diantaranya:

  • Minta izin dari Sumbernya
  • Mencantumkan Penulis Blog yang asli
  • Memberikan link ke sumber asli artikel pada Posting yang kita Copy

Kebiasaan copy paste ini tidak akan bisa di berantas. Walaupun ada larangan nya maupun tidak tetap saja kegiatan ini merajalela. Memang sih banyak sekali keuntungan dari kegiatan ini. Seperti yang telah kita ketahui keuntungannya yakni :

  • kita bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu mikir dan lama-lama mengetik,
  • Tidak prlu membuat artikel sendiri,
  • Bisa memperbanyak artikel lebih cepat,
  • Bisa mempercepat waktu posting artikel,
  • Dalam bloger,  blog kita bisa Lebih cepat terkenal,
  • Menurut mahasiswa , dengan mengcopas kita bisa dapat waktu ngopi dan merokok yang lebih banyak. Hahaha dasar mahasiswa malas (gue juga sering si), dll.

Nah selain keuntungan yang kita peroleh pasti tidak luput juga dari kekurangan dankerugian yang kita peroleh, seperti misalnya :

  • Kalau kita tidak berhati-hati mngkopy paste artikel orang kita bisa mendapatkan sanksi,
  • Pasti kena karmanya, karangan atau artikel yang kita buat bisa saja di copy oleh orang lain juga,
  • Bagi mahasiswa pasti etauan kalau ia mengcopy tugas dari artikel orang tanpa menuliskan refrensi nya,
  • Tidak bisa mendapat Page Rank dari mbah google,
  • Blog anda akan di banned/di tendang jauh-jauh dari daftar SEO,
  • Blog anda tidak akan mendapat nilai bagus dari mbah google,
  • Pihak Yahoo,Msn dll tidak akan melakukan index halaman sepenuhnya,
  • dan tidak mendapatkan backlink dari situs tersebut,
  • Semakin banyak nya pembajakan,dll.

Selain itu ada beberapa faktor yang menyebabkan kebiasaan mengcopy paste, di antaranya :

  • Kurangnya pengetahuan tentang aturan penulisan
  • Sanksi belum ditegakkan secara tegas
  • Tidak percaya diri
  • Malas.
  • Penyalahgunaan teknologi.

Nah jadi intinya sekarang ini bamyak sekali orang MALAS yang ingin berkarya tapi tidak punya skill atau kemampuan dan maunya hanya instan seprti mau makan mie rebus saja yang haya merebus mie nya member bumbu yang sudah ada tanpa meracik dan mengulek yang bikin tangan pegel. Hahahahahhahah.........



Artikel By         :    Ismail Saptahadi

Refrensi artikel   :
  1. http://shindohjourney.wordpress.com/2010/06/13/kebiasaan-copy-paste-di-kalangan-civitas-akademis/ 
  2. http://indobloggerz.blogspot.com/2010/11/kelebihan-kekurangan-copas-copy-paste.html 
  3.  
     
    refrensi gambar :

    1. http://www.google.co.id/imglanding?q=copy+paste&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=G&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=s&tbs=isch:1&tbnid=UKiQE-BJA58ibM:&imgrefurl=http://www.kenwooi.com/2010/08/suck-at-blogging.html&imgurl=http://3.bp.blogspot.com/_Fw4BZ6O1Rrw/TG1NzKf7rUI/AAAAAAAAHjE/BhEbC8CimPY/s800/copy%252Bpaste%252Bplagiarism.jpg&ei=Q_9sTbLjJNLMcMju2J4O&zoom=1&w=500&h=300&iact=hc&oei=L_5sTYD_E4q0vgPY6aC2BA&page=5&tbnh=113&tbnw=188&start=63&ndsp=16&ved=1t:429,r:3,s:63&biw=1024&bih=578
    2. http://www.google.co.id/imglanding?q=copy+paste&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=G&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=s&tbs=isch:1&tbnid=O2rtXy9u2qAi-M:&imgrefurl=http://www.suranegara.com/2010/10/cara-dan-etika-copy-paste-yang-baik.html&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijngu03vJvD9osb8_KpKCn-wSaBH-4VseX0y7lHrq2eO9Nd-XyjhJsS_MAtsH559kkFjPkFabmHZbuwQ2u0s8spOgMethKiqeo4kfC3glKNE_lkavYyKHntOkzipYifISgnKam0t0SchYu/s1600/stop-copy-paste.gif&ei=WgJtTf_ROsnJcYaT3a4F&zoom=1&w=235&h=239&iact=hc&oei=L_5sTYD_E4q0vgPY6aC2BA&page=3&tbnh=138&tbnw=136&start=30&ndsp=15&ved=1t:429,r:2,s:30&biw=1024&bih=578

    TERIMA KASIH ...............

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Copyright © Saptamori Hady Urang-kurai