Saptamori Hady: Unsur Unsur di dalam Game

Unsur Unsur di dalam Game


Seperti yang kita ketahui game adalah sebuah permainan dimana terdapat sebuah aturan dan ada menang dan kalah. Sedangkan video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan.

Dibawah ini akan dibahas mengenai unsur-unsur dalam sebuah game, diantaranya adalah :

1.     Story Line
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4P1Druf_8wuOFJZHSIpWQCxjGK1cKtK9vIa3W39ZcD1NBzeMjkRoy_yn_myF6MwtkReV69S9UiKcWxQkjEJ8a15eokQk5Z9ehobMmPBPEP3Wf6vu3dLsLV7PxFHH_ckllrvP6n2qw4ms/s320/final-fantasy-vii-cast2.jpg

Storyline adalah jalan cerita yang mendukung adanya game. Storyline merupakan salah satu hal penting dalam pembuatan game. Karena jalan cerita adalah komponen dasar pembuatan game. Dengan adanya jalan cerita ini akan membuat pemain bisa mengikuti perannya dalam game tersebut seakan dirinya sendiri. Seperti dalam Game Final Fantasy, game ini memberikan alur cerita yang sangat bagus dimana membuat orang berfantasy dengan dunia khayalnya. salah satunya adalah Final Fantasy 7 yang sangat terkenal diseluruh dunia karena Story Line nya. Final Fantasy 7 ini kita akan bermain sebagai Cloud Strife yang bergabung dengan organisasi anti-Shinra yakni AVALANCHE dimana organisasi ini sedang akan menyerang salah satu dari reaktor Mako yang mengelilingi kota Midgar.

2.     Koordinator
Koordinator dalam industri game merupakan orang yang mengawasi kerja pembuatan game dan juga yang mencoba game tersebut sebelum di pasarkan sehingga jika terjadi kesalahan dalam pembuatan maka koordinator dapat memberitahukan kesalahan yang terjadi dalam game tersebut dan diharapkan dapat memberikan solusi untuk permasalahannya. Dibawah ini merupakan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang koordinator :
o    Mengetahui beban orang yang dibawahnya, apakah overload, underload atu normal
o    Mengetahui target pekerjaan orang dibawahnya
o Memastikan bahwa orang dibawahnya selalu memiliki pekerjaan sesuai dengan beban kerjanya
o    Memberikan arahan atau solusi jika orang dibawahnya mengalami salah arah tau kesulitan
o    Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dibawahnya
o Bertanggung jawab atas penyelesaian pekerjaan orang dibawahnya dan pekerjaan itu sendiri

3.     Programmer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6TLTfbtJaL_tNWJQ_QP8CB536tYZOlfwkQFxa3E1ql3J-U-5NdR8Hv1dKoTxhG-nmAur5svYLnb06-pmRH7BZp1a2kpgzQNPTrL9cX93HEB8WfqZSFa70hco5YrLDIxQROX1Pd0MxxCY/s320/game-442x305.jpg


Programmer adalah orang yang membuat program untuk kebutuhan tertentu. Dalam pembuatan Game, Programmer bertanggung jawab melakukan pemrograman dan optimalisasi penyandian untuk menciptakan port permainan dalam skala besar. Programmer sangatlah penting dalam pembuatan Game karena dengan ada nya Programmer maka muncullah Video Game dengan banyak fitur-fitur menarik didalamnya. Tidak hanya itu, dalam pembuatan Gameplay sebuah Game, disini Programmer sangatlah berguna untuk membuat koneksi antara User dengan Game yang dimainkan.

4.     Typewriter
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMsrOLN0taslOF_RWnPgk_8PmTtJLM1KFIzlZX4ontxNXOHKJylORsaSUeL0t17bUbev8yR3HRFx6OSVNGybRKZE_y7ZRZAR8ObvEU2yPCPP45xGahoKrWtxgoQAfa2imt71R5eJdZo4g/s320/so1jq7.jpg
Dalam proses pembuatan Game, Typewriter memberikan kesan rapih dan lebih interaktif dalam memainkan game, karena dalam tata letak, bentuk dan animasi tulisan dapat membuat gamer lebih gampang untuk mengetahui alur cerita dan lebih menyenangkan untuk dilihat.

5.     Graphic
Banyak game yang sangat menonjolkan Grafis yang sangat Detail, ini dikarenakan semakin Grafis dalam game tersebut bagus maka semakin pula Game tersebut terlihat sangat mengagumkan bagi para Gamer. Game dengan Grafis yang terbaik biasanya di seimbang kan dengan tipe game tersebut, misalnya Final Fantasy XIII dengan God of War III, Grafis dalam Final Fantasy tidak sebagus God of War ini dikarenakan Gameplay yang sangat berbeda. jika dibandingkan maka Final Fantasy mempunyai Gameplay yang jauh lebih rumit dibandingkan GoW dan final fantasy memberikan keleluasaan pada gamer untuk mengeksplorasi tiap-tiap map akan tetapi pada GoW gamer hanya seperti diberikan satu jalan saja, sehingga memungkinkan untuk menambahkan Grafis yang sangat Bagus.
6.     Character
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdxmDb7_snehfe0doe5cZ8m_dynfbIVRZ8610XrKyCmJ2L35pV_MXJLWpTh6GK3qlGvZZKWUM3vrI2kEYiZDSAvywYFnjqJ8TJTgyJxjXYUPZi4-_yPw34besoInnqn_AsyL4kCyveu-4/s320/characters.jpg
Karakter dalam Video Game merupakan salah satu yang berpengaruh dalam Pembuatan Game, karena Jika pembuatan Karakter yang bagus dan imaginatif serta memiliki sifat yang pas dengan Story Line nya maka Game itu akan terasa lebih hidup dan membuat Gamer menyukai karakter tersebut. Dalam Pembuatan Karakter yang paling penting adalah Tokoh Utamanya.


7.     Gameplay
Gameplay adalah cara sebuah gamer untuk berinteraksi dengan game tertentu. Gameplay dalam Video Game sangatlah berpengaruh dalam Pembuatan Game semakin Game tersebut mudah untuk dimainkan maka semakin banyak yang menyukainya walaupun kadang kala ada beberapa game yang dimana Gameplay nya tidak mudah akan tetapi karena penjelasan tutorial yang mudah dimengerti maka game tersebut juga dapat banyak peminatnya. Contoh dari Gameplay adalah Call of Duty Modern Warfare 3, Infinity Ward pada Modern Warfare 3 akan menampilkan Survival mode. Mode baru yang bernama Survival akan menampilkan dua pemain Bertempur sedangkan Semakin Lama Musuh Semakin Sulit Dilawan. Tidak seperti video game lain di mana musuh-musuh menetap di lokasi tetap, musuh di mode ini akan menelurkan sekitar pemain sehingga mereka bisa mendekati pemain dari lokasi taktis menguntungkan. Sebagai pemain melawan musuh, mereka akan mendapatkan uang. Lebih banyak uang diperoleh untuk mencetak headshots, memiliki akurasi tinggi dan mengambil lebih sedikit kerusakan secara keseluruhan. Untuk saling membunuh, mereka dapat menggunakan uang mereka untuk membeli barang-barang seperti senjata baru, upgrade dan amunisi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Saptamori Hady Urang-kurai