Web Jejaring Sosial
Banyak sekali jejaring sosial di masyarakat semisal facebook ,
twitter, mySpace dan lainnya . Nama – nama tersebut merupakan nama web jejaring
sosial yang sangat populer dan memiliki jumlah pengunjung yang paling banyak di
bandingkan dengan jejaring sosial lain yang namanya tidak disebutkan.Pada
pembahasan jejaring sosila ini, saya akan sedikit memberi informasi mengenai
jejaring sosial yang terkenal namun tidak begitu memiliki jumlah pengunjung
banyak seperti layaknya facebook dan juga twitter tersebut.
Linkedin
LinkedIn
adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan
untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari
14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang
ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye
dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai
oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European
Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006.
LinkedIn mulai dengan
pendiri Reid Hoffman
pada tahun 2002.Situs resmi diluncurkan
pada tanggal 5 Mei 2003. Pada akhir bulan pertama beroperasi, LinkedIn memiliki
total 4.500 anggota di jaringan.Pada 31 Maret 2012 (akhir kuartal pertama),
profesional yang mendaftar untuk
bergabung LinkedIn pada tingkat sekitar
dua anggota baru per detik.Perusahaan
ini milik publik dan memiliki
model bisnis yang
terdiversifikasi dengan pendapatan yang berasal dari solusi perekrutan, solusi pemasaran dan langganan premium. Pada tanggal 31
Maret 2012, LinkedIn mengoperasikan jaringan terbesar di dunia profesional di
internet dengan 161 juta anggota di lebih 200 negara dan wilayah.Enam puluh
satu persen dari anggota LinkedIn berada di luar Amerika Serikat, pada 31 Maret
2012.Anggota LinkedIn melakukan hampir 4,2 miliar pencarian profesional berorientasi
pada platform pada tahun 2011 dan pada kecepatan untuk melampaui 5,3 miliar pada
tahun 2012.Berkantor pusat di Mountain View, California, LinkedIn juga memiliki
kantor AS di Chicago, Los Angeles, New York, Omaha dan San Francisco. Internasional
LinkedIn kantor-kantor terletak di Amsterdam, Bangalore, Delhi, Dublin, Hong
Kong, London, Madrid, Melbourne, Milan, Mumbai, Munich, Paris, Perth, São Paulo,
Singapura, Stockholm, Sydney, Tokyo dan Toronto.Tim manajemen perusahaan terdiri
dari eksekutif berpengalaman dari perusahaan seperti Yahoo!, Google, Microsoft,
TiVo, PayPal dan Electronic Arts. CEO LinkedIn adalah Jeff Weiner.LinkedIn saat
ini tersedia dalam tujuh belas bahasa: Inggris, Ceko, Belanda, Perancis,
Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Melayu, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia,
Spanyol, Swedia dan Turki.Pada tanggal 31 Maret 2012, LinkedIn memiliki 2.447 karyawan
penuh-waktu yang terletak di seluruh dunia. LinkedIn dimulai tahun 2012 dengan sekitar
2.100 karyawan penuh-waktu di seluruh dunia, naik dari sekitar 1.000 pada awal 2011
dan sekitar 500 pada awal 2010. Pada
tanggal 31 Maret 2012, LinkedIn
menghitung eksekutif dari semua Fortune 2011 500
perusahaan sebagai anggota; solusi
perusahaannya mempekerjakan digunakan oleh 82 dari
perusahaan Fortune 100.Lebih dari 2
juta perusahaan memiliki Pages Perusahaan LinkedIn.LinkedIn
merupakan demografis berharga bagi pemasar dengan
keanggotaan kaya & berpengaruh.Lebih dari 60.000 pengembang menggunakan LinkedIn API untuk menciptakan alat dan layanan yang inovatif untuk para
profesional, rata-rata lebih dari dua milyar API panggilan per bulan pada tanggal 31 Maret, 2012.Pada tanggal 31
Maret 2012, ada lebih dari
400.000 domain yang unik aktif menggunakan tombol Share LinkedIn di situs mereka untuk mengirim konten ke dalam platform
LinkedIn.Anggota LinkedIn berbagi wawasan dan
pengetahuan dalam lebih dari satu juta Grup LinkedIn.Pada minggu terakhir bulan Maret 2012, 22 persen dari anggota mengunjungi
unik datang dari perangkat
mobile.Pada tanggal 31 Maret 2012, ratusan ribu aplikasi pekerjaan telah diserahkan menggunakan Terapkan Dengan LinkedIn.
LiveJournal
LiveJournal kemudian dibeli oleh Six Apart dari perusahaan induknya, Danga Interactive di Januari 2005. Pelopor dari Danga Interactive, Brad Fitzpatrick, tetap terlibat dalam proyek LiveJournal ini. Brad Fitzpatrick kemudian bekerja menjadi anggota staf dari Six Apart hingga tahun 2007. Pada tahun 2007, LiveJournal dibeli dari Six Apart oleh SUP Media, sebuah perusahaan media online internasional milik Rusia yang terbentuk di Moscow di pertengahan 2006. Biarpun demikian, Six Apart terus mengembangkan website tersebut melalui perusahaan Livejournal berbasis San Fransisco.
Di awal tahun 2009, Livejournal memecat sejumlah karyawan-karyawannya dan memindahkan pengembangan produk serta desain ke Rusia, walaupun server, administrator dan staf-stafnya tetap bekerja di Amerika Serikat. Hal ini didasari dengan alasan pemotongan biaya sehingga dapat menjadi lebih efektif sebagai upaya untuk bertahan saat penurunan ekonomi global.
Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh website LiveJournal, diantaranya:
- Setiap entri (tulisan, gambar, foto, dan lain sebagainya) di jurnal memiliki halaman web sendiri, termasuk komentar-komentar yang diberikan oleh pengguna lain.
- Para pengguna dapat mengubah tampilan jurnal sendiri, template dapat diganti oleh pengguna dan gambar pengguna juga dapat disesuaikan.
- Para pemilik akun dapat membuat komunitas sendiri dan masuk ke dalam komunitas apapun yang terdapat di LiveJournal.
- Para pengguna memiliki halaman Informasi Pengguna, dimana para pengguna dapat memasukan data-data yang diinginkan, seperti informasi kontak, biografi, foto, minat, dan lain sebagainya.
- LiveJournal memiliki sistem yang unik dalam ‘list teman’. Tidak seperti jaringan sosial pada umumnya, list teman di LiveJournal menyediakan berbagai layanan dari segi privasi dan sindikasi. Pengguna dapat memasukan pengguna yang lain ke dalam list teman tanpa dimasukkan ke list teman oleh pengguna tersebut, dimasukan ke list teman oleh pengguna lain tanpa memasukan pengguna tersebut ke dalam list teman, dan bisa juga saling memasukan ke dalam list teman masing-masing. Halaman-halaman dari pengguna lain yang masuk ke dalam list teman dimiliki oleh masing-masing pengguna.
- Para pengguna dapat mencari para pengguna lain yang memiliki minat yang sama melalui Pencarian Minat dan Profil.
- Entri dapat diberi label dan kategori sesuai dengan keinginan pengguna, dan komentar di dalam jurnal dapat diatur.
- Tulisan yang terdapat di LiveJournal dapat dilihat dengan bahasa lain.Tulisan-tulisan tersebut tersedia dalam 32 bahasa.
- Entri yang tidak sesuai untuk pengguna dibawah umur atau entri yang tidak diperuntukkan untuk public dapat diatur dan disesuaikan oleh para pengguna.
- Livejournal memiliki lima tipe akun, yaitu Basic, Early Adopter, Plus, Paid dan Permanent. Semua akun LiveJournal dapat menggunakan fitur-fitur utama LiveJournal. LiveJournal dapat digunakan secara gratis; dari tipe-tipe akun yang ada, semua dapat dimiliki secara gratis kecuali tipe akun Paid.
LiveJournal
menyediakan sebuah fasilitas untuk mengurangi peluang munculnya indeksasi
jurnal dalam mesin pencari. Namun, untuk benar-benar menghindari indeksasi dari
mesin pencari tersebut, para pengguna dapat mengatur keamanan menjadi “friends
only” (hanya mereka yang di list teman yang dapat melihat entri tersebut) atau
pengaturan keamanan yang lebih tinggi saat mempublikasikan entri. Pengaturan
“friends only” ini juga di adaptasi oleh Xanga dan MySpace. LiveJournal juga
memperbolehkan para penggunanya untuk membuat grup pengguna dari mereka yang
terdapat di list teman mereka untuk membatasi siapa yang boleh membaca entri
tersebut lebih lanjut. LiveJournal juga menyediakan fasilitas keamanan
“private” yang membuat entri hanya dapat dibaca oleh pengguna itu sendiri.
Pengguna juga dapat membatasi siapa saja yang diperbolehkan untuk memberikan
komentar di entri. Pemberian komentar dapat diatur sehingga sebelum komentar
tersebut tampil di kolom komentar dalam entri tersebut, pengguna harus
mengizinkan komentar tersebut. Jika komentar itu tidak disetujui, maka komentar
tersebut tidak akan tampil di kolom komentar. Pengguna juga dapat
menyembunyikan komunitas-komunitas dari halaman profil mereka.
Seperti pada weblog
pada umumnya, para pengguna dapat memberikan komentar ke dalam entri jurnal dan
membuat rangkaian komentar seperti yang terdapat di forum internet dimana
setiap komentar dapat dibalas secara individu sehingga sebuah komentar dapat
membuat rangkaian komentar baru.Semua pengguna dapat memilih banyak setelan untuk mengatur komentar. Komentar yang diterima dapat hanya berasal dari pengguna lain yang terdapat dalam list teman dan komentar yang datang dari para anonim juga dapat diblokir, yang berarti hanya pengguna LiveJournal yang dapat memberi komentar ke dalam entri. Mereka juga dapat menyeleksi komentar-komentar apapun sebelum komentar tersebut ditampilkan, atau dapat pula meniadakan keberaaan komentar secara keseluruhan di entri tersebut. Para pengguna juga dapat menerima balasan dari komentar langsung dari alamat surat elektronik yang sudah teregistrasi.
LiveJournal bertindak sebagai host bagi grup jurnal-grup jurnal, yang biasanya disebut sebagai “komunitas”. Mereka yang turut serta dalam sebuah komunitas dapat membuat entri ke dalam komunitas tersebut selayaknya sebuah jurnal biasa. Komunitas juga memiliki para pemelihara yang menjalankan komunitas, mengawasi para anggota komunitas dan menjalankan fungsi moderasi agar komunitas tersebut berjalan sesuai dengan peraturan komunitas tersebut.
Beberapa bagian dari LiveJournal sangat bergantung kepada kontribusi dari pengguna.Bagian LiveJournal Support adalah salah satu contohnya, dimana hampir semua dari mereka yang menjalankan bagian ini adalah sukarelawan yang tidak dibayar. Website ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain oleh para sukarelawan, walaupun usaha ini mulai berkurang karena minimnya keterlibatan dari administrasi LiveJournal sendiri.
Sekarang perusahaan sudah menambah karyawan-karyawan yang dibayar untuk berkonsentrasi pada keuntungan dan hal ini membawa beberapa perubahan, yang kebanyakan berupa munculnya fitur-fitur baru yang diinginkan para pengguna di LiveJournal, khususnya fitur yang sering muncul berulang-ulang dalam jurnal saran LiveJournal.
Sampai pada
tanggal 18 Maret 2012, terdapat 36,179,324 pengguna LiveJournal dengan
2,022,703 dikategorikan sebagai mereka yang aktif di LiveJournal.Saat ini,
terdapat 5,505,596 (41,6%) pengguna LiveJournal adalah laki - laki7,727,586
(58,4%) pengguna adalah perempuan dan 4,332,204 tidak dapat diidentifikasi
jenis kelaminnya. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan presentase dari 12
Juni 2011, dimana presentase pengguna yang berjenis kelamin laki-laki hanya
37,3%.LiveJournal sangat popular di negara-negara berbahasa ingris dimana USA adalah
negara yang paling banyak dicantumkan sebagai tempat tinggal pengguna
(5,622,893 pengguna) dan kemudian diikuti oleh Rusia .Walaupun demikian,
penggunaan LiveJournal sangat besar. LiveJournal adalah komunitas online
terbesar di internet di Rusia (Runet). LiveJournal di Rusia sudah bergeser
fungsinya dari jaringan sosial menjadi media massa penggunaan LiveJournal di
Rusia adalah hal serius yang tidak hanya digunakan untuk menulis diary, tetapi
lebih kepada sosial media yang pada taraf tertentu digunakan sebagai sarana
komunikasi politik. Tidak sedikit dari jurnalis-jurnalis di Rusia yang memiliki
akun LiveJournal.Pengguna LiveJournal berasal dari berbagai rentang usia, dari
13 tahun hingga 55 tahun. Kebanyakan dari pengguna LiveJournal adalah mereka
yang terdata berusia 32 tahun, dengan mereka yang berusia 20-31 tahun dan 33-41
tahun ikut mendominasi statistik setelahnya.
Tagged
Tagged
adalah situs jejaring sosial yang didirikan pada tahun 2004, berbasis di San
Fransisco, California, Amerika Serikat. Tagged menyediakan layanan untuk
menelusuri orang-orang/ teman, bermain game , berbagi tag dan hadiah virtual,
serta menyarankan orang-orang/ teman baru bagi anggotanya berdasarkan
kepentingan yang sama. Menurut laporan Quantcast,Tagged telah memilik 6,2 juta
pengunjung AS dan 21,1 juta pengunjung dari berbagai dunia tiap bulannya.
Tagged telah memiliki 100 anggota yang telah terdaftar . Pada awalnya Tagged
dikritik karena telah mengirim email palsu massal sehingga terpaksa harus
membayar hukuman denda 1,4 juta dollar. Sejak tahun 2009, perusahaan Tagged
telah melakukan reformasi kebijakan dan mengubah tata cara undangannya. Jaksa
Agung Kantor Negara Bagian New York Cuomo juga mengkritik Tagged karena dinilai
gagal menanggapi keluhan tentang pornografi anak . Perusahaan Tagged Inc
didirikan pada pertengahan 2004 oleh pengusaha yang ingin membuat Teen Yahoo/
MTV berikutnya, Greg Tseng dan Johann Schleir Smith. Mereka berdua sebelumnya
merupakan penemu teknologi Jumpstar, yang belakangan didenda 900.000 dollar
karena dugaan pelanggaran Undang-Undang CAN-SPAM, yang merupakan hukuman spam
terbesar yang pernah ada . Pada maret 2008, Microsoft mengumumkan kemitraan
komersial dengan situs jejaring sosial Tagged, Facebook, LinkedIn, Bebo dan hi5
menanggapi kontak email APIs yang telah diterapkan
sebelumnya . Kemitraan Tagged lainnya adalah Slide, RockYou, PhotoBucket, Meebo
, Razz dan Jang . Pada Februari 2009, ada keluhan dari publik Qatar karena
Tagged diblokir oleh satu-satunya ISP di negara tersebut QTel, karena alasan
konten yang tidak sesuai yang tidak bisa difilter secara selektif oleh QTel.
Tagged telah menjadi satu dari sepuluh situs yang paling sring dikunjungi di
Qatar . Pada Januari 2010 sebagai tanggung jawab atas gempa di Haiti, Tagged
memberi sumbangan sebesar 50.000 dollar kepada dana peduli gempa Haiti Yelle,
dimana sebagian dana sumbangan tersebut berasal dari pengguna. Masih pada
Januari 2010, Tagged memenangkan sidang 200.000 dollar atas spammer Erik
Voegler, yang mengirim spam ke para pengguna Tagged. Pada juni 2010, Tagged telah
memiliki 40 karyawan. Tagged terdaftar sebagi anggota konsorsium periklanan
media sosial, yang merupakan asosiasi industry perdagangan yang bertujuan untuk
meningkatkan pendapatan iklan dan untuk menfasilitasi kolaborasi antar situs
jejaring sosial, pengiklan dan peneliti pasar. Tagged telah menjadi kandidat
IPO pada 2013 nanti. Website Setelah mendaftarkan akun secara gratis, pengguna
Tagged dapat mengatur halaman profil mereka. Pengguna dapat mengupload foto
dari album, mengirim dan menerima pesan dari pengguna lain, memosting biografi
mereka, saling berbagi status tentang keberadaan dan aktifitas mereka, mengirim
tag hadiah serta wink virtual. Untuk dapat memberikan hadiah virtual pengguna
harus menukarkan hadiah tersebut dengan emas Tagged yang dibeli dengan uang
sungguhan maupun karena memenangi game khusus. Pengguna dapat mengetahui siapa
saja yang baru saja melihat profil mereka, melihat video dengan urutan sesuai
rating, favorit dan yang paling sering ditonton, memberikan rating, serta
memainkan berbagai game online seperti zynga poker, crowdstar’s aquarium happy
dan pets dimana pengguna bisa mendapat hadiah uang tunai untuk membeli hewan
piaraan sungguhan. Pengguna juga bisa melakukan real time chat melalui berbagai
room yang disediakan sesuai dengan kategori usia dan suasana hati. Selain itu,
Tagged juga menyediakan pemberitahuan tentang luv wink and meet me sehingga
memungkinkan pengguna untuk melakukan satu hubungan kencan. Pada 30 oktober
2009. Tagged meluncurkan proses pendaftaran yang lebih sederhana. Pada juni
2009, Majalah Time menjuluki Tagged sebagai situs yang paling menjengkelkan di
dunia. Tagged mensyaratkan email untuk username dan password penggunanya,
mengambil alamat email dari buku alamat mereka, dan berungkali mengirim email
undangan ke pada orang yang tidak mendaftar Tagged, menyatakan bahwa orang-orang
tersebut diundang oleh temannya atau mereka telah mengirim foto ke Tagged.
Proses yang demikian oleh para advokat anti penipuan konsumen. disebut scam
email. Fenomena tersebut juga didiskusikan secara kritis oleh para pengguna dan
pers teknologi. Mereka menamakannya dengan spam black web 2.0dan dimiripkan
dengan virus yang ditemukan oleh situs urban legend Snopes.com. The New York
Time menyebut praktek tersebut sebagai kontak scraping Tindakan hukum yang di
lakukan oleh Tagged menanggapi kasus tersebut antara lain pada juli 2009,
membayar denda sebesar 500.00 dollar kepada negara bagian New York karena telah
menyerang privasi dan melakukan penipuan dengan marketing massal melalui email
dan mengubah cara promosinya. Ia juga membayar denda 250.000 dollar kepada
negara bagian texas. Tagged kemudian menuruti permintaan negara bagian texas
untuk menggunakan metode yang lebih jelas, transparan, dan menunjukan email
spesifik yang akan dikirim.Pada februari 2010, Tagged membayar gugatan dua
warga California Miriam Slater dan Sara Golden msing-masing 10.000 dollar
berkaitan dengan maslah proses pendaftaran sebelumnya, Tagged juga setuju untuk
menghapuskan alamat email yang diperolehnya dari kedua orang tersebut selama
periode april dan juni 2009. Pada April 2010, Tagged juga membayar dnda kepada
negara bagian San Francisco sebesar 650.000 dollar Karen atelah mengirim email
penipuan tersebut selama periode bulan April hingga Juni 2009. Awalnya Tagged
ditargetkan untuk kalangan remaja AS, sejak oktober 2006, Tagged tetap dibuka
secara luas bagi remaja berusia 13 tahun keatas dan dibawah 18 tahun dengan
catatan pengguna usia di atas 16 tahun dan masyarakat umum tidak diijinkan
melhat remaja yang berusia 13 dan 14 tahun, dan profil remaja berusia 15 sampai
16 tahun diberi label privat bagi remaja pengguna usia di atas 18 tahun dan
masyarakat umum. Satu-satunya cara untuk menambahkan remaja sebagai teman
adalah dengan mengetahui alamat email atau nama asli mereka dan pengguna yang
lebih muda mau menerima permintaan pertemanan tersebut. Namun peraturan
tersebut tidak berjalan seutuhnya karena pada februari 2009, dilaporkan ada
seorang guru sma dipenjara karena bergaul dengan gadis berusia 14 tahun yang ia
temui di Tagged. lelaki berusia 32 tahun yang tidak terdaftar sebagai pelaku
seks online negara bagian manapun itu, ternyata memiliki lebih dari 100 teman
perempuan dibawah usia 17 tahun. Pada desember 2009, Jaksa negara bagian New
Tork Andrew Cuomo mengumumkan bahwa Tagged dan 13 situs jejaring sosial lainnya
setuju untuk menghapus anggotanya yang terdaftar sebagai pelaku seks sesuai
Undang-Undang elektronik New York tentang pengamanan dan sasaran predator
online. Namun penyidikan pada tahun 2010 menunjukan indikasi bahwa gambar anak
anak yang mengalami pelecehan seksual masih dapat dengan muda diakses di
Tagged. Misalnya pada bulan april 2010 ditemukannya slide show berisi gambar
anak-anak yang nampak berada dibawah usia 5 tahun melakukan aksi hubungan intim
dan tetap beredar hampir 2 bulan setelahnya. Sampai akhirnya Cuomo mengancam
Untuk menuntut Tagged jika kasus tersebut tidak segera diselesaikan dalam 5 hari.
Dalam konferensi pers, Cuomo menyebut Tagged sebagai salah satu situs jejaring
sosial terburuk yang pernah ia temui. Pada mei 2010, Tagged termasuk dalam
daftar perusahaan San Franciso terpanas 2010 nya Lead411. Pada agustus 2010,
Tagged termasuk dalam daftar perusahaan privat paling cepat berkembang 2010 nya
500 Inc. 500 Inc adalah pemberi penghargaan perusahaan paling cepat dan
berbakat di amerika sedangkan pada oktober 2010, Tagged tercatat menduduki
peringkat ke 100 dalam daftar 500 perusahaan dengan teknologi tercepat,
teraman, media telekomunikasi di amerika utara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar